Pengertian dan cara membuat logo

  • Logo sangatlah penting untuk suatu perusahaan atau organisasi. Contoh kasusnya, Anda ingin membeli laptop MacBook Pro. Anda tentu sudah tahu bahwa produk ini di produksi oleh Apple. Nah, bayangkan jika seandainya laptop tersebut tidak memiliki logo Apple, apa yang akan Anda lakukan? Tentu Anda tidak jadi membeli laptop tersebut dan memilih mencari laptop lainnya karena tidak jelas keterangannya, bukan? Inilah salah satu fungsi logo.

    Dengan pentingnya sebuah desain logo, kini banyak para pemilik perusahaan/produk yang menggunakan jasa desainer untuk mendesain sebuah logo. Dalam mencari jasa desainer, pemilik perusahaan biasanya mengadakan kompetisi/sayembara yang hadiahnya bisa jutaan rupiah.  

    Lalu kenapa harga sebuah desain bisa sangat mahal ? Mungkin menurut saya yang juga sedang mendalami ilmu desain grafis seperti ini. Dalam membuat desain, para desainer menghabiskan banyak waktu dalam memikirkan sebuah desain yang sekiranya menarik. Memikirkan sebuah ide yang akan dituangkan dalam sebuah desain tentu memakan waktu yang cukup panjang.

    Penciptaan sebuah logo tidak hanya didasari oleh faktor penampilan saja yang menimbulkan pendalaman makna yang terkandung di dalam logo sangatlah kurang. Adalah hal yang sangat penting untuk memiliki desain logo yang tepat untuk branding dan tujuan komunikasi yang bertindak sebagai identitas dari perusahaan anda. Sehinggan banyak perusahaan yang menggunakan jasa desain logo yang profesional. Bahkan banyak perusahaan kecil dan perusahaan yang baru berdiri tidak memikirkan untuk mendesain logo bagi perusahaan mereka karena harga desain logo bagi kebanyakan perusahaan tidak murah.

    Banyaknya informasi dari buku-buku, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan logo, serta kemampuan membaca konsep logo dengan melihat logo saja sangatlah dibutuhkan sebab hal ini akan dapat memberikan pesan bahwa sesungguhnya sebuah logo tidak hanya sebagai identitas suatu perusahaan saja, namun juga harus mampu disosialisan dan bisa dibaca ( setidaknya secara sederhana) oleh masyarakat / konsumen, mempunyai nilai yang positif, sederhana dan mudah diingat sehingga konsumen akan lebih tertarik pada produk yang kita jual dan itulah yang membuat nilai sebuah logo sangatlah tinggi.

0 comments